YUMMY PANNA COTTA!

2/27/2016 08:47:00 pm 8 Comments A+ a-


 

Hallooo!
Setelah update tentang review Running Man episode 287, Tasya mau kasih artikel tentang dessert yang enak banget nih! Recommended deh buat kalian yang suka makan dessert atau yang manis-manis gitu~
Yuk coba di-check deh!

Apa itu 'panna cotta'?
Jadi, panna cotta itu sebuah dessert yang asalnya dari Italia, asal mula banyak makanan enak lainnya (makanan enak lainnya itu misalnya tiramisu, pasta, dan pizza). Panna cotta secara harafiah artinya adalah cooked cream. Bahan utama dari dessert yang satu ini adalah susu dan krim yang keduanya dimasak secara bersamaan dalam waktu tertentu. Apa perbedaannya dengan pudding?
Panna cotta itu menggunakan gelatin sebagai pengental, jadi panna cotta teksturnya lebih halus dibandingkan dengan pudding yang menggunakan jelly sebagai pengental. Untuk membuat panna cotta menjadi dessert yang lebih oke lagi, biasanya ditambahkan beberapa macam topping sesuai dengan selera, tapi topping yang digunakan biasanya almond, coklat, atau buah-buahan yang rasanya agak masam agar tidak menimbulkan rasa eneg (misalnya strawberry, mangga, lemon, dll.).

Panna cotta biasanya selalu ada di jejeran menu dessert restoran makanan-makanan eropa karena merupakan salah satu dessert favorit, terutama di kalangan remaja yang suka rasa manis.
Salah satu rahasia untuk membuat panna cotta yang enak adalah kita harus menyiapkan waktu yang cukup untuk mendinginkan dessert yang satu ini. Maksudnya bukan mendinginkan saat udah jadi 100% loh, tapi di tengah proses pembuatannya juga dibutuhkan waktu untuk mendinginkannya.
Pada saat membuat panna cotta, gelatin leaves harus dimasukkan ke dalam air dingin terlebih dahulu. Di panci, siapkan susu dan panaskan hingga hampir mendidih (mulai muncul gelembung) lalu langsung dimatikan. Kemudian gelatin leaves yang sudah direndam air dingin dicampurkan dengan susu yang hampir mendidih, lalu aduk merata. Sambil memanaskan susu, krim vanila juga dipanaskan hingga hampir mendidih dan segera dicampurkan dengan campuran susu dan gelatin tadi setelah kompor dimatikan.

Hmm, ternyata buat panna cotta tuh gak susah loh!
Buat kalian yang ingin langsung membuat homemade panna cotta, caranya ternyata gampang banget, bahkan gak dibutuhin skill khusus untuk membuat dessert Italia ini, jadi gak perlu takut untuk coba buat cuma gara-gara ini dessert yang berasal dari Italia
Nih aku kasih resep mango panna cotta yaa~

RESEP MANGO PANNA COTTA
Source: hesti-myworkofart.blogspot.co.id
Bahan:
1. 200 ml krim kental
2. 200 ml susu cair
3. 80 gr gula pasir
4. 2 sdt gelatin bubuk
5. 1 vanili bean, belah, keruk isinya

Bahan 'Mango Compote':
1. 100 gr bubur mangga (dari mangga yang diblender hingga halus)
2. 1 sdm air
3. Setengah sdm gula
4. Setengah sdt gelatin bubuk (tim dengan 1 sdm air hingga larut)



Cara membuat:
1. Pudding: panaskan krim, susu, gula, dan vanili bean. Aduk sampai gula larut lalu matikan api kompor.
2. Campur gelatin dengan 4 sdm air lalu tim hingga meleleh, aduk rata. Masukkan ke dalam larutan krim kemudian aduk sampai rata. Setelah itu, tuang adonan panna cotta ke dalam gelas saji atau cetakan pudding kemudian dinginkan di dalam kulkas.
3. 'Mango compote' dibuat dengan memanaskan mangga, air, dan gula sampai larut. Angkat, masukkan larutan gelatin dan aduk rata. Mango compote siap dituangkan di atas panna cotta lalu didinginkan!

Voila! Handmade panna cotta kalian sudah selesai dan siap disantap!
Note: resep di atas merupakan resep untuk pemula sehingga tidak menggunakan gelatin leaves dan tidak perlu mendinginkannya terlebih dahulu.

Gimana gimana? Resepnya gampang kan? Bisa dicoba nih buat dessert weekend
Selamat menikmatiiii

Source artikel:
  • food.detik.com
  • kulinen.com

8 comments

Write comments
sweetratih
AUTHOR
28 February 2016 at 09:57 delete

Baru aja aku makan Panna Cotta rasa coklat dari kakak aku..

Reply
avatar
Tasya
AUTHOR
28 February 2016 at 22:57 delete

wuih pasti enak yaa.. kirim kirim dong ke Bandung :p

Reply
avatar
Tasya
AUTHOR
28 February 2016 at 23:20 delete

Yukkk coba dibuattt <3

Reply
avatar
hasan sukarya
AUTHOR
29 February 2016 at 09:45 delete

artikel atau pembahasan yang pas untuk kaum hawa :) [biasanya] dan penyajianny pas juga untuk disimak untuk para remaja. good Job buat Tasya. :D

Reply
avatar
Tasya
AUTHOR
29 February 2016 at 10:27 delete

makasih mas, semoga bermanfaat <3

Reply
avatar
sweetratih
AUTHOR
4 March 2016 at 12:35 delete

Hahaha... Ga enak :3 coklatnya super pahit.. Ternyata itu kata kakakku coklat yang asli itu pahit.. Hadeuhh. Kejauhan kak... Aku dom Tangerang :p

Reply
avatar
Tasya
AUTHOR
4 March 2016 at 12:41 delete

Lahh memang coklat yg asli tuh pait, kalo yang selama ini kita beli itu udah dicampur susu atau gula :3
Yahh gpp kirim aja ttp diterima kok :p

Reply
avatar

Feel free to drop your comments here! Your comments mean you keep supporting me <3
Have a request? Just comment below too! I'll be happy to make it for you ^^

RULES: NO HARSH WORDS PLEASE, THANK YOU :)