PENGALAMAN TE'PE'BE! [PART 1]

7/22/2016 07:09:00 pm 2 Comments A+ a-

Haloo semuanya!
Aku gak masukin ini ke CCDLYBLOG karena menuruku ini bukan daily blog, soalnya aku cerita ini berdasarkan pengalaman yang udah lewat agak lama. Tapi berhubung bulan Agustus banyak dedek-dedek gemesh yang bakal mulai masuk ke dunia perkuliahan, aku jadi punya ide untuk buat post ini yang mudah-mudahan bisa ngasih sedikit gambaran tentang dunia perkuliahan yang menurutku beda banget sama jaman-jaman SMA~

NOTE: POST INI BAKALAN PANJANG BANGET. TENGS :))

Oke, aku bakal mulai cerita tentang pengalamanku taun kemaren, mulai dari deg-deg'annya nungguin pengumuman hasil SNMPTN sampe sekarang aku udah lulus dari tingkat satu.

Menjelang UN, aku memberanikan diri untuk ikut daftar ke salah satu perguruan tinggi negri yang udah terkenal kalo perguruan tinggi ini bagus. Aku ikut jalur SNMPTN, yaitu mendaftar dengan menggunakan nilai raport SMA. Gak tau kesurupan apa, tapi aku berani banget cuma masukin SATU pilihan fakultas dan aku GAK PUNYA CADANGAN. Bukan karena over PD atau gimana, tapi aku emang gak tau kalo aku gak keterima bakal kuliah di mana, jadi aku mutusin kalo emang gak keterima lewat jalur SNMPTN, aku tetep bakal coba di perguruan tinggi yang sama lewat jalur SBMPTN.

Hari yang ditunggu tiba, hari di mana bakal keluar pengumuman penerimaan lewat jalur SNMPTN. Pagi-pagi aku iseng check website-nya, lalu aku shock sampe nangis. Aku................ gak isi tab prestasi. YAA, AKU GAK ISI TAB PRESTASI! Seharusnya, kami bisa kasih 3 prestasi terbaik kami di halaman itu dengan cara memasukan hasil scan dari piagam kami yang kami anggap paling membanggakan. DAN AKU GAK ISI TAB ITU, KARENA AKU DAFTAR AWAL-AWAL BANGET DAN AKU GAK PERNAH CHECK LAGI HALAMAN PENDAFTARANNYA. Kalian pasti tau gimana ketatnya persaingan untuk masuk perguruan tinggi negri, apalagi aku memilih perguruan tinggi negri teknik yang paling top di Indonesia saat ini, yaitu ITB. Aku juga cuma isi satu pilihan di mana orang-orang lain bisa isi sampe 3 pilihan fakultas. Jujur, di sini aku hopeless dan down banget, udah yakin pasti gak akan diterima.

Jam 5 sore. Waktu yang dijanjiin oleh panitia untuk mengeluarkan hasil SNMPTN. Aku sumpaaah deg-deg'an banget, gak mau keluar dari kamar dan aku bilang sama orang tua aku kalo mereka gak boleh liat dulu, harus aku yang liat duluan. Jam 5 teng aku langsung masukin data diri aku di web yang udah dikasih tau sebelumnya. Untungnya aku login sebelum server-nya down, jadi masih kebagian liat paling awal banget untuk hasilnya. Ternyata........ keajaiban gengs, AKU DITERIMA! AKU DITERIMA KULIAH DI ITB LEWAT JALUR SNMPTN DI FAKULTAS STEI (SEKOLAH TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA). Sumpaaah di situ aku langsung nangis dan kasih tau orang tua aku, bener-bener gak nyangka kalo aku masih dikasih kesempatan untuk menikmati libur yang lebih panjang karena gak usah belajar di bimbingan belajar untuk siap-siap SBMPTN. Aku bersyukur banget

Aku pilih fakultas STEI. Di ITB, taun pertama atau tingkat satu itu dinamain TPB, singkatan dari Tahap Persiapan Bersama. Di TPB ini, secara garis besar kita belajar lagi pelajaran-pelajaran SMA dengan lebih mendalam, pelajaran 3 taun di SMA dipadetin dan dipelajarin dalam waktu 1 taun.
Oh iya, masing-masing fakultas di ITB nantinya punya pilihan program studi (prodi) yang berbeda, jadi fakultas ini memang udah lebih menjurus dari sekedar IPA atau IPS sewaktu di SMA. Contohnya di fakultas STEI, ada 6 prodi yang bisa dipilih di tingkat 2 (semester 3) nantinya, yaitu Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Telekomunikasi, Arus Kuat, Teknik Biomedis, dan Sistem Teknologi Informasi.

Di semester 1, kami udah dapet paket-paket mata kuliah yang harus diikuti, jadi gak usah berebut sama mahasiswa yang lain. Untuk semua fakultas di TPB memang udah ada paketannya masing-masing, dan fakultas STEI dibebani dengan 18 SKS.
Di setiap mata kuliah ada tingkat kesulitannya masing-masing, sesuai dengan keperluan dari fakultas masing-masing. Tingkat kesulitan yang paling sulit akan diberi kode A, sedangkan B tuh lebih mudah dan umumnya gak ada praktikum. Misalnya, STEI mendapatkan Kimia B sedangkan SF (Sekolah Farmasi) mendapatkan Kimia A. Jadi, memang sesuai kebutuhan masing-masing fakultas kan

Di semester 1, aku dapet mata kuliah Kalkulus A, Fisika A, Kimia B, Bahasa Inggris, Olahraga, Pengenalan Teknologi Informasi (PTI) B, dan PRD, kalo ditotal semua 18 SKS. Karena aku dapet Fisika A, aku juga dapet praktikumnya. Semua fakultas dapet praktikum PTI walaupun sebenernya dapet PTI B, praktikumnya tuh tentang programming.

Kalkulus A (4 SKS) - Bp. Agus Yodi
Untuk STEI, Kalkulus tuh kelasnya gede banget, sekitar 200 orang satu kelasnya. Satu angkatan STEI yang terdiri dari kurang lebih 400+ orang, cuma dibagi jadi 2 kelas doang berdasarkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa), yaitu NIM ganjil dan NIM genap. Kebetulan NIM-ku genap dan beruntungnya aku satu kelas sama temen-temen baikku, jadi rame-rame aja. Karena kelasnya gede banget, dosennya pun sampe ngajar pake mic supaya semua mahasiswa bisa denger apa yang dibilang sama beliau.

Di semester satu, Kalkulusnya masih cenderung gak terlalu susah, walo patokan untuk dapet nilai A-nya cukup tinggi dibanding matkul yang lain. Kalo mau dapet A harus dapet 80 coy, itu tinggi banget deh. Jangan dikira dapet 80 tuh gampang, karena di dunia perkuliahan gak ada lagi istilah remedial, berapa nilai yang kalian dapet ya itulah, gak ada sistem katrol-mengatrol. Cuma ada satu kali perbaikan nilai, itu pun gak bisa naikin nilai sampe A, paling mentok B doang. Beberapa dosen malah ada yang nilai tertingginya cuma C, tapi untungnya dosenku baik banget

Kata anak-anak kelas sebelah, Pak Agus Yodi baik banget dibanding dosen mereka katanya. Aku akuin sih memang Pak Agus tuh baik banget, beliau mau bantu nilai kami lewat tugas dan kuis yang beliau berikan. Cara ngajarnya juga enak, tapi mungkin agak terlalu cepat untuk bisa kami mengerti. Jadi, intinya kalian harus sering baca-baca sendiri yakk materi-materi yang udah pernah dibahas, kalo bisa sih baca-baca juga bahan matkul selanjutnya biar kalo dosen kalian mulai ngajarin, kalian setidaknya udah pernah baca biar gak terlalu blank~

Fisika A (4 SKS) - Bp. Bobby Eka Gunara
Selanjutnya Fisika. Teori dan praktikum dapet jam yang berbeda. Aku ceritain pertemuan tatap muka dengan dosen dulu yaa~
Aku kebetulan kebagian diajar oleh Pak Bobby. Jujur, beliau keras banget dalam ngajar. Gak boleh ada yang telat sedetik pun, kalo beliau udah masuk kelas, gak boleh ada lagi yang masuk kelas. Sialnya, di hari pertama aku masuk kelasnya, aku terlambat. Untungnya, beliau masih kasih aku kesempatan karena waktu itu bener-bener pertemuan pertama dan beliau baru kasih 'aturan main' di kelasnya. Cara beliau ngajar enak sih, tapi suka bikin ngantuk juga. Beliau juga terkenal sebagai salah satu dosen killer di ITB, namun prestasi beliau juga udah banyak banget. Beliau ikut proyek di mana-mana.

Untuk pelajarannya, masih mirip-mirip di SMA sih, cuma dibahas lebih dalem lagi. Di matkul Fisika ini bakal ada RBL di tiap akhir semester. RBL itu semacam praktikum, tapi dengan membuat alat. Wah, ngebuat alat apa nih? Jadi tema alat yang harus dibuat udah ditentuin geng, itu berdasarkan bab apa aja yang udah kita pelajari di semester tersebut. Ngebuat alatnya tuh dibagi per kelompok, waktu jamanku sih kelompoknya dipilihin sama dosen, tapi itu kebijakan masing-masing dosen kok. Setelah alatnya jadi, kami juga harus buat laporan yang biasanya dibatasi hanya 4 halaman dan berisi halaman judul, alat dan bahan beserta rinciannya (biasanya gak boleh lebih dari 250 ribu rupiah), desain alat, cara pembuatan alat, dan cara kerja alat. Oh iya, jangan lupa tulis anggota kelompok juga dong pastinya . Lalu, alat itu bakal dipresentasiin di depan dosen dan asisten dosen.

(NOTE: setiap mata kuliah yang dianggep sulit bakal ada tutorial. Tutorial itu tempat kita buat tanya bahan kuliah yang belum kita mengerti kepada asisten dosen dan waktu di mana kita ngerjain latian soal yang diberikan.)

Untuk praktikum, biasanya diadain setiap 2 minggu sekali. Kita harus pake jaslab kalo mau praktikum. Selain itu, kita juga harus pake name tag yang udah dibagi di pertemuan pertama yang berfungsi untuk absensi. Absennya keren guys, pake barcode dan bakal di-scan kalo kalian mau praktikum. Tapi karena absennya pake program komputer, kalo kami telat 1 detik aja, bakal keitung telat dan ada konsekuensinya, kalo gak salah sih nilai praktikum hari itu bakal dikurangi 10. Sedih banget
Selain itu juga ada konsekuensi kalo kalian lupa pake jaslab. Ada juga denda dan konsekuensi yang bakal kami terima kalo name tag kami ilang. Memang, ITB tuh disiplin banget deh soal beginian

Kimia B - Bp. Robby
Aku kebagian sama dosen muda untuk di mata kuliah ini, dan menurutku aku gak dapet apa-apa di semester 1 matkul Kimia. Untungnya aku gak kebagian praktikumnya karena aku Kimia B. Pak Robby tergolong dosen yang masih super duper muda, baik, tapi menurutku cara ngajarnya gak cocok dengan caraku belajar. Alhasil, aku bener-bener ngapal mati semuanya tanpa ngerti apapun. Apalagi setiap beliau jelasin, slide-nya selal pake bahasa Inggris yang banyak istilah Kimianya, jadi pusing banget dah beneran
Pak Robby jarang kasih tugas, makanya aku bener-bener usaha dapet nilai bagus dengan cara ngapalin semua tanpa dimengerti, singkatnya mah buat dapet nilai doang gitu soalnya gak ada tugas, jadi nilainya semua diambil dari hasil kuis, UTS, dan UAS.

Bahasa Inggris - Mrs. Ayi
Pada awal pengenalan kampus, kami disuruh mengikuti placement test. Berdasarkan hasil ini, masing-masing kami bakal dapet kelas bahassa Inggris yang berbeda. Aku kebagian kelas reading yang diajar sama Mrs. Ayi. Sumpah ini dosen baik banget, bukan karena cara ngajarnya yang selalu dibawa hepi atau gimana, tapi sumpah beliau datengnya 2 minggu atau bahkan 3 minggu sekali, jadi kami jarang pulang sore (berhubung bahasa Inggrisku dijadwalin sebagai matkul terakhir di hari Jumat), dan sekalinya ada kelas pun pasti pulangnya cepet~

Beliau juga ngebantu banget nilai kami. Awalnya beliau bilang batas nilai untuk dapet nilai A tuh 85 *yaa, setinggi itu geng tanpa remedial* tapi gak tau kenapa, dari UTS-ku yang cuma dapet 82.5 tuh tiba-tiba nilai akhirnya bisa A . Bagus deh, orang-orang sih bilangnya "paket A"

Olahraga - Bp. Doddy
Olahraga, aku kira ini bakal jadi matkul hiburan, tapi malah jadi beban coy
Gimana gak beban, aku kan gendut, tapi matkul ini nuntut aku bisa lari marathon 2.4 km dalam waktu 14 menit kalo mau dapet A. Sedangkan di olahraga renang yang aku bisa, bobotnya cuma 10%, sedih banget kan yaa

Angkatanku dapet waktu yang lebih sulit dibanding angkatan sebelumnya. Angkatan sebelumnya cuma butuh 16 menit untuk dapet A (untuk cewek), sedangkan angkatanku harus bisa 14 menit untuk mencapai nilai A. Sedangkan untuk cowok, mereka harus 12 menit untuk dapet nilai A, sedangkan taun sebelumnya hanya butuh 14 menit. Selain itu, matkul ini juga ada ujian tertulisnya loh

Pengenalan Teknologi Informasi B (PTI B) - I. Yani
Ini adalah matkul yang terpenting untuk STEI karena berhubungan dengan dunia pemrograman. Gak tau kenapa, aku juga gak ngerti, STEI malah dapet PTI B dan belajar bahasa Pascal di semester satu sedangkan fakultas lain rata-rata belajar bahasa C++ di semester satu ini. Kalo kita tanya ke dosen, katanya karena kami mahasiswa STEI bakal dapet terus matkul ini, jadi bisa belajar lebih banyak dibanding mahasiswa fakultas lain. Oleh karena itu, mahasiswa fakultas lain langsung diajarin bahasa yang umum dipake sekarang ini, sedangkan kami diajarin dari bahasa yang 'lebih tua' terlebih dulu.

Ibu Yani termasuk dosen yang baik, ngajarnya pelan-pelan banget. Jadi, aku - yang merupakan salah satu mahasiswa yang belajar pemrograman bener-bener dari nol besar - tetep bisa ngerti sama pelajaran pemrograman ini. Kami bener-bener belajar dari awal, cara berpikir kami juga dibentuk dari awal banget sampe disangkut-pautin sama kejadian sehari-hari
Ibu Yani sabar banget, saking sabarnya aku sampe sering banget ngantuk di kelas. Ngajarnya menurutku agak terlalu pelan untuk ritmenya, tapi mungkin beliau ngajar begitu supaya mahasiswa yang kayak aku bisa tetep ngerti dengan dunia pemrograman

Walaupun paket B, tapi kami tetep dapet praktikum PTI. Kami ada praktikum setiap 2 minggu sekali di laboratorium komputer. Praktikumnya ngapain? Ya disuruh buat program berdasarkan kasus yang dikasih. Setiap praktikum tuh ada waktunya, jadi kita harus submit tiap soal dan harus 'ditutup' dengan final submit. Nanti langsung ada score-nya dan kami masih bisa perbaiki soal-soal yang salah kalo masih ada waktu. Awal-awal sih aku enjoy banget karena masih gak begitu sulit, tapi lama-lama sakit kepala dan deg-deg'an banget setiap praktikum karena takut lewat dari batas submit dan takut gak bisa buat programnya

Pengantar Rekayasa & Desain I - Bp. Fadhil
Sumpeh, ini matkul yang paling gak jelas sedunia. Aku dapet dosen yang super baik, bener-bener baik Pak Fadhil ini kayak malaikat
Tapi beneran, aku gak tau sebenernya matkul ini mau ngajarin kita tentang apa. Tapi Pak Fadhil selalu ngajarin kita untuk berpikir sistematis dan kritis selama beliau ngajar kami. Selain itu, Pak Fadhil juga suka beli semua sisa danusan kami, lalu dibagiin lagi ke kami sebagai hadiah dalam bentuk games. Menurutku dengan begini beliau bisa menanamkan hal-hal penting sih melalui games, kayak kita harus kritis dengan semua clue yang diberikan atau dengan jawaban-jawaban yang udah muncul sebelumnya.

Walaupun matkul yang satu ini gak jelas, tapi ada UTS dan UAS tertulisnya dong
Isinya..... gak tau, karena dengan baiknya taun lalu Pak Fadhil meniadakan UTS buat kelasku! YAAAZZZZZ! UAS-nya, cuma ditanya tentang solusi ilmiah menurut kami sesuai dengan kasus yang dikasih. Like, kalo kalian ngarang bebas juga bisa gitu loh
Pak Fadhil memang terbhaekkk, paket A cuy!


Selain matkul-matkul yang dikasih, kita juga bisa aktif di berbagai unit. Unit itu semacam ekstrakurikuler kalo di jaman SMA. Bedanya, di ITB tuh bejibun banget dah! Kalo gak salah ada 80an unit di ITB mulai dari unit agama, unit olahraga, unit radio, unit kebudayaan, dan masih banyak lagi!

Penasaran sama perjalananku di semester 2?
Penasaran banget?
Tunggu part 2-nya yaa! Semoga kalian suka sama post random-ku ini, kalo emang pada suka nanti aku lanjutin lagi di part 2~ [lagian post ini juga udah panjang banget, mian ]

2 comments

Write comments
murid SD
AUTHOR
8 March 2017 at 19:55 delete

ka mau tau dong nilai rapotnya gimana bisa sampe keterima wkwk trs kaka alumni sma mana? makashh

Reply
avatar
Tasya
AUTHOR
8 June 2017 at 14:54 delete

Halo halo! Aku alumni SMA Santo Aloysius Batununggal, di Bandung.
Nilai rapor aku biasa aja kok, gak semua 9 juga :"))

Reply
avatar

Feel free to drop your comments here! Your comments mean you keep supporting me <3
Have a request? Just comment below too! I'll be happy to make it for you ^^

RULES: NO HARSH WORDS PLEASE, THANK YOU :)