VALENTINE'S DAY?

2/14/2016 07:19:00 pm 0 Comments A+ a-


Yuhuuuu, moment yang ditunggu di bulan Februari ini sudah tibaa! Gimana nih rasanya hari ini? Dikasih surprise gak sama doi nya? Atau pasti ada juga kan yang statusnya berubah? Cie ciee, selamat yaa ♥
Tapi Tasya sih tetep aja jomblo di sini~

Oke, lanjut yaa~
Tasya mau kasih fakta-fakta dan sejarah singkat tentang Valentine nih! Soalnya aku yakin pasti banyak yang belum tau kan tentang sejarah Valentine dan arti sebenarnya dari Valentine's Day sendiri? Yukkk cus dikepoin~

Sebenernya apa sih arti dari Valentine's Day?
Sebenernya nih, Valentine's Day yang sebenernya tuh punya arti dan sejarah yang kelam. Valentine's Day adalah hari dimana seorang martir (orang yang dibunuh karena membela keyakinan dalam Kristen-Katholik) bernama Santo Valentine dibunuh. Tepat tanggal 14 Februari 270M. Kok Santo Valentine bisa dibunuh? Memangnya beliau salah apa?

Jadi, Santo Valentine hidup pada zaman pemerintahan Kaisar Claudius yang terkenal sangat kejam. Santo Valentine adalah seorang tabib dan pendeta. Pada zaman itu, sang kaisar ingin mempunyai pasukan militer yang kuat. Namun sayang, semua kaum adam tidak tertarik untuk bergabung dalam militer karena tidak mau meninggalkan keluarga dan pasangannya.
Nah, karena itu Kaisar Claudius mengeluatkan sebuah ide gila: MELARANG PERNIKAHAN! Loh kok? Iya, kaisar pikir kalau tidak ada pernikahan, maka para pria mau bergabung dalam militer.

Tapi, Santo Valentine sangat tidak menyetujui keputusan itu. Secara diam-diam dan rahasia, beliau tetap memberi berkat kepada pasangan-pasangan yang mau menikah. Lama kelamaan kaisar tau kalau Santo Valentine gak nurut sama perintahnya hingga diputuskan supaya Santo Valentine dihukum mati dengan memenggal kepalanya. Kejam banget!

Awalnya, gereja Katholik menetapkan hari Valentine's Day di kalender gerejani. Tapi sejak tahun 1969, Valentine's Day dihapus kembali dari kalender gerejani agar dapat dirayakan lebih umum di masyarakat.


Hari Valentine sebenernya sudah ada dari zaman dulu loh!
Dari abad 4 SM, hari kasih sayang ini sudah dirayakan tapi setiap tanggal 15 Februari, bukan 14 Februari. Esensi dalam merayakannya juga beda, dulu setiap tanggal 15 Februari digunakan untuk menyembah Dewa Lupercus yang merupakan dewa kesuburan. Acara ini diseling dengan mengambil undian yang berisi nama pasangan. Gadis-gadis yang mendapat pasangan akan menikah dengan priode 1 tahun, setelah satu tahun gimana? Ya bebas, ada yang langsung ditinggal sama cowoknya, ada yang ngelanjutin. Kalau ditinggal sama cowoknya, berarti setelah ditinggal gadis itu masukin lagi namanya ke dalam undian, sedangkan kalau pernikahannya tetap dilanjutin, ya berarti gak boleh ikut lagi dalam undian. Gak logis banget!

Jadi hubungannya sama hari kasih sayang di mana ya?
Aku juga gak tau, mungkin karena Santo Valentine dulu jadi martir karena memberkati pasangan-pasangan yang mau nikah makanya diperingati sebagai hari kasih sayang di dunia. Atau mungkin karena sejarahnya para gadis bakalan dapat pasangan di hari valentine? Ntah, aku juga gak paham.
Beberapa orang juga sudah mengambil kesimpulan kalau sebenarnya perayaan Valentine's Day itu gak ada esensi yang kuat

Feel free to drop your comments here! Your comments mean you keep supporting me <3
Have a request? Just comment below too! I'll be happy to make it for you ^^

RULES: NO HARSH WORDS PLEASE, THANK YOU :)