SUNBLOCK BIKIN KITA GAK HITAM? YAKIN?

5/23/2016 10:36:00 am 4 Comments A+ a-


Hai semuanya, maaf udah seminggu yak aku gak posting? Maafin yaa, kemarin aku bingung banget abis install game online tapi gak bisa dimainin jadi gak mood buat posting, tapi sekarang udah bisa!
Aku mau share ke kalian sedikit tentang sunblock yang kerap kali kita salah kaprah tentang kegunaannya. Jadi sebenarnya apa sih kegunaan sunblock?


Gak jarang orang mengira kalo udah pake sunblock pasti kulitnya bakal tetep putih walau sehabis main di pantai atau seharian di luar rumah dan terkena sinar matahari terus-menerus. Tapi, apakah itu bener-bener fungsi sunblock yang sebenarnya?

Nah, konsep kegunaan sunblock ini sudah mendarah daging di masyarakat. Ternyata, walau udah pakai sunblock sebelum pergi ke pantai atau beraktivitas di luar rumah seharian, kulit kita akan tetap hitam. Jadi apa dong kegunaan sunblock?
Sunblock adalah suatu krim atau lotion yang terbuat dari bahan anorganik yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV yang membahayakan kulit. Nah, jadi fungsinya bukan supaya kulit kita gak hitam, kan?
Sinar UVA yang terkandung dari sinar matahari menyebabkan kulit kita mengalami penuaan dini, sedangkan UVB menyebabkan terbakarnya lapisan luar kulit kita.

Jadi, penggunaan sunblock hanya untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar UVA dan UVB. Walaupun udah pakai sunblock, kulit kita akan tetep hitam kalo kita beraktivitas seharian di luar rumah atau bermain di pantai. Tapi, kulit kita akan lebih terlindung dari efek 'terbakar'. Nih, aku sekalian mau kasih tips untuk kalian memilih bentuk tabir surya yang cocok untuk kulit kalian, disimak yaaa

1. Gunakan sunblock minimal 15 menit sebelum keluar ruangan
Hal ini perlu diperhatiin soalnya sunblock butuh 15-20 menit untuk menyerap ke dalam kulit kita. Jadi, ada baiknya kalo kita pakai sunblock setidaknya 15 menit sebelum beraktivitas di luar rumah yang langsung terpapar sinar matahari.

2. Sunblock dalam bentuk krim
Untuk kalian yang punya kulit berjenis normal cenderung kering, jenis sunblock ini sangat Tasya anjurkan untuk dipakai dibandingkan sunblock bentuk lain. Hal ini disebabkan kandungan minyak alami yang terkandung di dalamnya paling banyak dibanding sunblock dalam bentuk lainnya. Karena jenis kulit kering membutuhkan kandungan minyak yang relatif banyak untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulitnnya, makanya sunblock ini cocok banget untuk kalian.

3. Sunblock dalam bentuk lotion
Lain halnya dengan orang yang berjenis kulit cenderung kering, orang yang memiliki jenis kulit berminyak sangat dianjurkan untuk menggunakan sunblock dalam bentuk lotion. Sunblock lotion memiliki kadar air yang lebih tinggi dibandingkan kadar minyaknya sehingga dapat mencegah kadar minyak berlebih pada kulit. Selain itu, apabila kadar minyak yang berlebih pada kulit dibiarkan menumuk begitu saja, maka minyak akan menyumbat pori-pori wajah sehingga mengundang datangnya jerawat.
4. Sunblock dalam bentuk gel
Jika kalian yang memiliki kulit berminyak ingin mencari alternatif lain dalam memilih sunblock, sunblock dalam bentuk gel adalah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan kandungan minyak yang terkandung di dalam gel lebih ringan dibandingkan dengan bentuk lotion. Minyak berlebih tidak akan menempel pada kulit sehingga jerawat tidak akan muncul. Sama seperti bentuk lotion, dalam bentuk gel juga kandungan airnya lebih banyak. Selain itu, kandungan alkohol yang terdapat di dalamnya dapat membantu penyembuhan jerawat.
5. Sunblock dalam bentuk spray
Sunblock bentuk terakhir adalah spray. Keunggulan utama dari sunblock bentuk ini adalah sangat praktis dan cepat untuk diaplikasikan. Kandungan air pada sunblock ini juga cukup tinggi sehingga bagi kalian yang kulitnya berminyak juga dapat memakai sunblock ini. Selain itu, sunblock ini juga mampu untuk meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit.
Nah gimana? Udah lebih mengerti tentang sunblock? Tasya harap setelah Tasya post artikel ini, kalian jadi gak salah kaprak lagi tentang sunblock yaa! Semoga kalian suka dengan artikel ini

Ohyaa, bagi kalian yang mau exchange link bisa kasih tau aku di cbox di sebelah kanan dan make sure kalian udah pasang link aku di blog kalian yaa, aku janji bakalan pasang link kalian balik kok!
Bagi kalian yang mau request artikel juga bisa, tinggal comment aja atau boleh juga kasih tau aku di cbox. Untuk kalian yang mau chit-chat atau keep in touch sama aku, bisa banget ask aku di ask.fm atau dm aku di instagram atau bahkan kirim aku snap! Semua sosial media aku ada di tab About Me.

Hope you guys like it!

4 comments

Write comments
sweetratih
AUTHOR
23 May 2016 at 11:37 delete

Menurutku, Sunblock itu awalnya kita jadi item.. Tapi, lama-kelamaan putih kok

Reply
avatar
Tasya
AUTHOR
23 May 2016 at 12:19 delete

nope, itu kalo sunblock nya ada whitening nya. kalo ga ada ya gak bikin putih.

Reply
avatar
sweetratih
AUTHOR
23 May 2016 at 15:46 delete

Aku kan coba-coba pake V*s*line, terus, aku makin item.. Eh, ternyata kulit aku belum cocok.. 1 minggu kemudian udah keliatan beda :)

Reply
avatar
Tasya
AUTHOR
25 May 2016 at 08:28 delete

itu ada whitening :)

Reply
avatar

Feel free to drop your comments here! Your comments mean you keep supporting me <3
Have a request? Just comment below too! I'll be happy to make it for you ^^

RULES: NO HARSH WORDS PLEASE, THANK YOU :)